Berbuat Baiklah Selagi Mereka Masih Ada..#Nasehat

Jakarta, 23 Desember 2013

"Ya Alloh ampunilah dosaku dan dosa orangtuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil"

Ini bukan kali pertama aku berkunjung di  kota ini. Tinggal menumpang di komplek di salah satu tempat di Jakarta Utara aku memperoleh nasehat yang sungguh menampar hati. Aku menjumpai 3 wanita lanjut usia dengan kehidupan di masa tuanya yang kurasa tidak membahagiakan untuk mereka.

Mulai dari seorang nenek pensiunan PNS yang dulu jaya di masa mudanya, Kini di rumah tuanya ia hanya tinggal bersama anak yang gangguan jiwa. Untuk makan sehari-hari saja si nenek serba berkekurangan, alhamdulillah masih ada tetangga yang berbaik hati masih mengantarkan makan dan lauk untuk makan. Pernah sekali aku ikut mengantarkan nasi ke rumah beliau, rumah terlihat begitu kotor dan berantakan dan ketika diberi sedikit makanan ia sangat berucap terimakasih..Seketika itu aku seperti ingin menangis, terlebih selama ini uang pensiunan tak pernah sampai padanya. Yah.. uang itu dimanfaatkan oleh menantunya yang kubilang jahat. Tega menelantarkan ibu mertuanya yang sudah renta.

Kisah pilu tak berhenti disitu, di samping rumah juga hidup seorang nenek pensiunan kejaksaan dengan tinggal di rumah mewahnya. Setiap harinya hampir debtcollector mengunjungi rumahnya untuk menagih hutang karena ulah menantu dan anaknya yang memiliki banyak hutang karena gaya hidup high classnya. Dan kali ini aku datang ke Jakarta lagi rumah mewahnya resmi dijual untuk menutup hutang-hutang anak dan menantunya.

Dan pagi ini sebelum aku pulang ke kampung halaman, aku kembali menemui seorang wanita senja keturunan Tiong Hoa yang meminta tolong padaku untuk misscall no hpnya apakah masih aktif atau tidak. " Minta tolong ya? Soalnya aku takut nyuruh anakku dia galak sekali" ucapnya padaku. "Padahal ya aku udah nasehatin pada anakku agar ga galak soalnya biar nanti tidak dibalas sama anaknya, tapi dia tetap masih galak"

Sedih rasanya jika itu juga yang ibuku rasakan selama ini..Jika aku boleh mengulang waktu tidak ingin membuat ibu sedih dan kecewa...
Untuk seluruh ibu di mana saja.. Semoga Alloh menyayangi dan memberkahi Ibu karena cinta dan kasih sayangmu yang tak kenal masa..

Maka berbuat baiklah sebelum terlambat dan selagi ibu masih ada..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada Apa dengan Para Wakil Rakyat Kita?

Karena Aku Seorang Wanita, Calon Isti dari Suami dan Calon ibu bagi Anak-Anakku

Married is not a race